Tentang Kami

Reformasi kesehatan kini sedang bergulir di Indonesia. Melalui reformasi kesehatan ini , membangun rakyat Indonesia bukan saja sehat fisiknya, tetapi juga sehat jiwanya, sehingga dapat di wujudkan bangsa yang kuat, tangguh, dan cerdas. Reformasi kesehatan yang ingin di capai melalui pembangunan kesehatan adalah masyarakat, bangsa dan negara yang di tandai oleh penduduknya hidup dalam lingkungan dan prilaku hidup sehat, memperoleh akses pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata, serta memiliki derajat kesehatan yang setinggi-tingginya di seluruh wilayah Republik Indonesia. Salah satu kunci keberhasilan pembangunan kesehatan adalah mengaktualisasikan Paradigma Sehat yang secara makro berarti bahwa pembangunan semua sektor harus memperhatikan dampaknya terhadap kesehatan, paling tidak harus memberikan kontribusi positif bagi pengembangan prilaku dan lingkungan sehat, sedangkan secara mikro berarti bahwa pembangunan kesehatan akan menekankan upaya Promotif dan Preventif dengan tidak mengesampingkan upaya Kuratif dan Rehabilitatif.
Tahun 2014 Indonesia memasuki era Indonesia sehat. Hal itu ditandai dengan lahirnya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Yang akan menyelenggarakan jaminan kesehatan Nasional (JKN). Yang dimulai awal tahun 2014 dan secara bertahan hingga 2019 .seluruh rakyat Indonesia akan mempunyai perlindungan JKN. Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono memcanangkan ‘GERAKAN SADAR MEMILIKI JAMINAN KESEHATAN “
Seiring dengan tujuan diatas, Kabupaten Serang melakukan berbagai upaya diantaranya : Peningkatan Upaya Promosi Kesehatan, kesehatan Ibu dan anak dengan menekan angka kematian ibu dan bayi diantaranya pengembangan program P4K , surveilans terpadu, pengembangan dan pembinaan Desa siaga, POSKESDES, dll.
Begitu juga halnya dengan Puskesmas Kecamatan Baros yang merupakan unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Serang berperan aktif dalam melaksanakan upaya-upaya peningkatan pelayanan kesehatan yang makin bermutu, makin merata dan makin terjangkau masyarakat luas, khususnya masyarakat di wilayah Puskesmas Baros. Salah satu langkah yang dilakukan adalah pembuatan Profil Kesehatan yang merupakan gambaran hasil kegiatan tahun lalu sebagai tolak ukur dalam perencanaan kerja tahun berikutnya ( Planning Of Action)
Profil kesehatan ini berisikan tentang data kependudukan, fasilitas kesehatan, pencapaian program-program kesehatan, masalah kesehatan dan lain sebagainya. Disajikan secara sederhana dan informatif dengan harapan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.